Membuat Offline Installer Visual Studio 2017

Visual Studio 2017
Visual Studio 2017

Visual Studio 2017 adalah salah satu ide terbaik untuk membuat pemrograman di environment windows. Secara default instalasi VS2017 kalau kita download dari website resminya adalah instalasi secara online. Instalasi secara online maksudnya pada saat mendownload kita hanya mendownload aplikasi downloader yang berukuran kecil yang nantinya ketika kita jalankan maka akan mendownload file instalasi yang sebenarnya.

Permasalahan sering terjadi apabila ternyata di tempat kita susah sekali mendapat jaringan interner yg cepat ataupun akan keterbatasan kuota. Sehinga instalasi secara offline menjadi jalan keluarnya. Berikut cara membuat offline installer Visual Studio 2017.

  • Download terlebih dahulu “web installer” dari situs resmi visual studio di sini. Ada tiga macam versi yaitu (Community, Professional dan Enterprise).
  • Ada beberapa perintah yang dapat di jalankan untuk membuat installer ini, yang pertama adalah mendownload semua paket. Dengan langkah ini di butuhkan space yang cukup besar, pada saat artikel ini di tulis kebutuhan space bisa lebih dari 20Gb. Untuk mendownload semua paket, jalankan perintah berikut
vs_Enterprise.exe --layout “Z:\MASTERVS2017” --lang en-US

untuk melihat perintah lengkap dapat menuju link berikut ini

  • adapun vs_Enterprise.exe adalah nama web installer yang kita download tadi. –layout adalah parameter untuk mendownload semua file. “Z:\MASTERVS2017” adalah lokasi penyimpanan installer. –lang en-US adalah jenis bahasa yg akan kita download
  • untuk mengetahui macam – macam parameter yang ada, dapat menggunakan parameter –help.
  • Berikut contoh apabila ingin mendownload semua paket berbahasa jepang
vs_Enterprise.exe --layout “Z:\MASTERVS2017” --lang en-US ja-JP
  • Berikut contoh perintah apabila hanya ingin mendownload paket “.NET desktop development” tanpa mendownload paket yang lain.
vs_Enterprise.exe --layout “Z:\MASTERVS2017” --add Microsoft.VisualStudio.Workload.ManagedDesktop --lang en-US

untuk melihat daftar parameter secara lengkap dapat di lihat pada link berikut ini

Terkadang proses pembuatan memerlukan waktu yang lama karena banyaknya file yang harus di download. Apabila terjadi kegagalan pada saat melakukan update, kita dapat mengulang kembali atau memperbaiki kembali dengan cara menjalankan perintah yang sama. Hal yang sama juga dapat kita lakukan untuk melakukan update file. Anda hanya perlu menjalankan perintah yang sama dengan pada saat anda mendownload file pertama kali.

Demikian semoga membantu..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>